Seberapa Penting Digital Marketing Dalam Suatu Bisnis? - Informasi Bisnis & Teknologi

Breaking

Jumat, 27 Januari 2023

Seberapa Penting Digital Marketing Dalam Suatu Bisnis?

cr. pexels.com/digital marketing


Di zaman yang serba modern seperti ini, eksistensi dunia digital semakin berkembang pesat hingga mempengaruhi para pelaku bisnis. Sistem pemasaran pun ikut berubah ke ranah pemasaran digital. Namun, apakah Anda tahu apa itu digital marketing atau pemasaran digital? Mari kita bahas satu persatu disini!


Melansir dari berbagai sumber, pengertian dari digital marketing adalah suatu proses kegiatan promosi atau pemasaran yang dilakukan oleh suatu produk atau brand tertentu dengan memanfaatkan media internet atau digital.


Tujuan dari sistem promosi digital seperti ini dilakukan agar dapat menjangkau lebih luas dan lebih banyak pelanggan dengan cara yang lebih relevan serta efisien. Karena, metode pemasaran seperti ini hanya memanfaatkan media-media daring yang menjadi salah satu sarana penting yang banyak digunakan oleh masyarakat secara luas.


Oleh sebab itu, bagi mereka yang memiliki keahlian dalam dunia promosi digital, sangat-sangat dicari dan dibutuhkan oleh semua para pelaku bisnis. Bahkan, berbagai macam instansi pemerintahan juga memerlukan jasa para digital marketer untuk melakukan sosialisasi-sosialisasi lewat jejaring internet.


Mengapa demikian? ada berbagai macam kelebihan serta manfaat yang dapat diambil oleh perusahaan yang menggunakan digital marketing. Adapun kelebihan dan juga manfaat dari sistem pemasaran digital, yaitu:

  • Cepatnya penyebaran suatu berita atau topik dalam media digital
  • Mudahnya melakukan evaluasi saat melakukan kegiatan pemasaran.
  • Jangkauan atau target pemasaran yang sangat luas
  • Budget yang lebih murah serta efektif, serta
  • Dapat membangun branding atau nama brand hanya melalui jejaring internet.


Selain kelebihan serta manfaatnya yang cukup luas, terdapat beberapa jenis dari digital marketing yang dapat menjadi sasaran media promosi yang dapat digunakan oleh para pelaku usaha. Apa saja jenis-jenisnya? berikut daftarnya.

1. Website

Peran website pada dunia digital marketing dapat menujukkan profesionalisme dari suatu perusahaan. Selain itu, website juga dapat membantu konsumen untuk mengetahui bisnis apa yang sedang ditawarkan oleh suatu perusahaan.

Selain itu, website juga menjadi salah satu media berbisnis yang sangat mudah untuk dipahami oleh semua orang.


2. SEM (Search Engine Marketing)

Agar website yang dibangun suatu perusahaan dapat ditemukan dengan mudah oleh sistem pencarian, sangat diperlukan Seach Engine yang terdiri atas dua kategori, yaitu SEO (Search Engine Optimization) serta SEM (Search Engine Marketing).


Adapun perbedaan antara SEO dan SEM, jika SEO dapat dilakukan sendiri dengan rentan waktu yang cukup lama dan begitu murah, sedangkan SEM dapat dilakukan dengan sistem prabayar dengan jangka waktu yang begitu cepat.


3. Social Media Marketing

Penggunaan medsos atau media sosial dewasa ini tak dapat dipisahkan dalam kehidupan masyarakat. Oleh sebab itu, media sosial dapat menjadi salah satu sarana promosi yang sangat direkomendasikan bagi para pelaku usaha.


Hal ini diperlukan agar pelaku usaha dapat membangun branding serta citra dari merk suatu produk yang sedang dipasarkan. Selain itu, pemanfaatan social media marketing dapat meningkatkan eksposur dari target pasar.


4. Email Marketing

Pernah mendapatkan email dari suatu brand secara tiba-tiba? hal ini termasuk salah satu bentuk promosi yang sedang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk memperkenalkan produk yang di tawarkan kepada konsumen melalui email marketing.


Oleh sebab itu, jangan terlalu kaget jika Anda mendapatkan email dari suatu perusahaan saat Anda yakin tidak memesan produk apapun dari tempat tersebut. 


5. Video Marketing

Jenis pemasaran yang terakhir ialah dengan membuat video marketing yang berisikan tentang penjelasan dari suatu produk atau bisnis yang sedang dijalankan oleh suatu perusahaan. Biasanya, pada video tersebut akan menampilkan berbagai macam kelebihan serta daya tarik dari suatu produk yang sedang ditawarkan.


Video marketing ini hampir mirip dengan video iklan namun dengan budget yang lebih murah. Selain itu, pada video marketing biasanya juga akan ditampalikan testimoni-testimoni dari para konsumen yang telah menggunakan produk tersebut.


Demikianlah ulasan yang membahas tentang pentingnya digital marketing bagi para pelaku bisnis di era digital. Untuk memaksimalkan beragam jenis dari promosi digital, dapatkan Aplikasi Ini untuk lebih menjangkau para konsumen agar mengetahui bisnis yang sedang Anda jalankan selama ini.***

(by.Ami)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar