cr. pexels.com/digital marketing |
Melansir dari berbagai
sumber, pengertian dari digital marketing adalah suatu proses kegiatan promosi
atau pemasaran yang dilakukan oleh suatu produk atau brand tertentu dengan
memanfaatkan media internet atau digital.
Tujuan dari sistem
promosi digital seperti ini dilakukan agar dapat menjangkau lebih luas dan
lebih banyak pelanggan dengan cara yang lebih relevan serta efisien. Karena,
metode pemasaran seperti ini hanya memanfaatkan media-media daring yang menjadi
salah satu sarana penting yang banyak digunakan oleh masyarakat secara luas.
Oleh sebab itu, bagi
mereka yang memiliki keahlian dalam dunia promosi digital, sangat-sangat dicari
dan dibutuhkan oleh semua para pelaku bisnis. Bahkan, berbagai macam instansi
pemerintahan juga memerlukan jasa para digital marketer untuk melakukan
sosialisasi-sosialisasi lewat jejaring internet.
Mengapa demikian? ada
berbagai macam kelebihan serta manfaat yang dapat diambil oleh perusahaan yang
menggunakan digital marketing. Adapun kelebihan dan juga manfaat dari sistem
pemasaran digital, yaitu:
- Cepatnya penyebaran suatu berita atau topik dalam media digital
- Mudahnya melakukan evaluasi saat melakukan kegiatan pemasaran.
- Jangkauan atau target pemasaran yang sangat luas
- Budget
yang lebih murah serta efektif, serta
- Dapat membangun branding atau nama brand hanya melalui jejaring internet.
1. Website
Peran website pada dunia
digital marketing dapat menujukkan profesionalisme dari suatu perusahaan.
Selain itu, website juga dapat membantu konsumen untuk mengetahui bisnis apa
yang sedang ditawarkan oleh suatu perusahaan.
Selain itu, website juga
menjadi salah satu media berbisnis yang sangat mudah untuk dipahami oleh semua
orang.
2. SEM (Search Engine Marketing)
Agar website yang
dibangun suatu perusahaan dapat ditemukan dengan mudah oleh sistem pencarian,
sangat diperlukan Seach Engine yang terdiri atas dua kategori, yaitu SEO
(Search Engine Optimization) serta SEM (Search Engine Marketing).
Adapun perbedaan antara
SEO dan SEM, jika SEO dapat dilakukan sendiri dengan rentan waktu yang cukup
lama dan begitu murah, sedangkan SEM dapat dilakukan dengan sistem prabayar
dengan jangka waktu yang begitu cepat.
3. Social Media Marketing
Penggunaan medsos atau media sosial dewasa ini tak dapat dipisahkan dalam kehidupan masyarakat. Oleh sebab itu, media sosial dapat menjadi salah satu sarana promosi yang sangat direkomendasikan bagi para pelaku usaha.
Hal ini diperlukan agar pelaku usaha dapat membangun branding serta citra dari merk suatu produk yang sedang dipasarkan. Selain itu, pemanfaatan social media marketing dapat meningkatkan eksposur dari target pasar.
4. Email Marketing
Pernah mendapatkan email
dari suatu brand secara tiba-tiba? hal ini termasuk salah satu bentuk promosi
yang sedang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk memperkenalkan produk yang di
tawarkan kepada konsumen melalui email marketing.
Oleh sebab itu, jangan
terlalu kaget jika Anda mendapatkan email dari suatu perusahaan saat Anda yakin
tidak memesan produk apapun dari tempat tersebut.
5. Video Marketing
Jenis pemasaran yang
terakhir ialah dengan membuat video marketing yang berisikan tentang penjelasan
dari suatu produk atau bisnis yang sedang dijalankan oleh suatu perusahaan. Biasanya,
pada video tersebut akan menampilkan berbagai macam kelebihan serta daya tarik
dari suatu produk yang sedang ditawarkan.
Video marketing ini
hampir mirip dengan video iklan namun dengan budget yang lebih murah. Selain
itu, pada video marketing biasanya juga akan ditampalikan testimoni-testimoni
dari para konsumen yang telah menggunakan produk tersebut.
Demikianlah ulasan yang
membahas tentang pentingnya digital marketing bagi para pelaku bisnis di era
digital. Untuk memaksimalkan beragam jenis dari promosi digital, dapatkan
Aplikasi Ini untuk lebih menjangkau para konsumen agar mengetahui bisnis yang
sedang Anda jalankan selama ini.***
(by.Ami)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar