Pengertian SEO, Manfaat Beserta Cara Kerjanya - Informasi Bisnis & Teknologi

Breaking

Sabtu, 28 Januari 2023

Pengertian SEO, Manfaat Beserta Cara Kerjanya

cr. pexels.com/ pengertian seo

Usai membahas tentang digital marketing, mari kita ulas bersama-sama tentang salah satu macam-macam dari pemasaran digital yaitu pengertian SEO beserta manfaatnya dalam dunia bisnis digital.

 

Banyak yang salah mengira jika SEO hanya berbicara tentang ranking yang terdapat di google saja. Nyatanya, eksistensi SEO dalam dunia digital sangat berpengaruh besar untuk meningkatkan kuantitas serta kualitas traffic pada website yang Anda lakoni.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang SEO, mari kita bahas terlebih dahulu pengertian dari SEO itu sendiri.

 

Pengertian SEO

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Maksud dari SEO itu sendiri ialah upaya yang dilakukan untuk mengoptimasi dari website supaya mendapatkan peringkat teratas pada hasil pencarian di google.

Melalui SEO, situs yang Anda miliki dapat dengan mudah ditemukan oleh orang lain. Sehingga hal tersebut berpotensi agar website mendapat traffic yang lebih tinggi, serta banyak dikunjungi oleh para audiens.

 

Jadi, keberadaan SEO cukup penting bagi Anda yang mengandalkan promosi atau pemasaran menggunakan dunia digital. Karena, semakin sering website Anda muncul di pencarian teratas google atau berada di halaman 1 google, artinya akan semakin banyak pula traffic yang didapatkan.

 

Oleh sebab itu, penggunaan SEO cukup penting dan menjadi salah satu penentu dalam keberhasilan web. Karena, sekitar 53% traffic di website itu berasal dari pencarian SEO dengan memasukkan keyword-keyword tertentu.

 

Manfaat SEO untuk Website Beserta Bisnis Digital

Seberapa penting SEO bagi pembangunan website dan juga bisnis digital? jawabannya sangat penting! dengan menerapkan teknik SEO serta menggunakan keyword yang tepat, maka web Anda akan mendapatkan berbagai macam manfaat, seperti:

  • Mempermudah Audiens dalam menemukan website yang dikelola
  • Menjaring target audiens agar lebih tepat sasaran
  • Dapat membangun brand awareness
  • Sebagai salah satu investasi dalam jangka panjang
  • Kebanyakan Traffic dihasilkan melalui konten yang tersedia di halaman pertama
  • Dapat meningkatkan penjualan serta konversi, serta
  • Dapat Membangun Top of Mind Brand

 

Cara Kerja SEO Melalui Google

Umumnya, setiap mesin pencarian telah memiliki algoritmanya sendiri yang berfungsi untuk dapat menentukan apakah konten-konten tersebut telah layak masuk dalam ranking tertinggi dari hasil pencarian atau tidak.

 

Hal tersebut juga berlaku bagi google. Karena, google sendiri kerap melakukan perbaharuan algoritma mereka supaya dapat memberikan hasil pencarian terbaik, relevan bagi setiap penggunanya. Karena itulah, Anda harus selalu mengetahui serta mengikuti perkembangan dari algoritma yang digunakan google.

Sebab, jika Anda menggunakan cara yang lama, maka traffic untuk website tersebut akan menurun. Hal ini sangat berpengaruh terhadap bisnis yang Anda jalani.

Google mempunyai tool yang bernama web crawler, tool inilah yang sangat membantu google dalam mengumpulkan berbagai macam konten yang ada di internet. Selain itu, web crawler juga dapat menyimpan konten di database hingga dapat mengelolanya. Ringkasnya, seperti ini cara kerjanya.

  • Pertama ialah crawling, ini adalah proses untuk mengumpulkan serta menyimpan halaman-halaman website yang baru saja rilis atau melakukan update.
  • Kedua, hasil dari crawling tersebut, google akan menerapkan sistem algoritmanya yang bernama Google Mobile First Index untuk membantu google dalam mempelajari struktur dari website, kualitas hingga relevansi konten tersebut untuk kebutuhan bagi para audiens.
  • Tahap ketiga atau terakhir ialah ranking atau result dimana Google akan menyusun daftar-daftar halaman website terbaik agar dapat mengisi peringkat tertinggi pada hasil pencarian.

 

Begitulah pengertian SEO, manfaat beserta cara kerjanya. Bagi Anda yang mengalami kesulitan dalam mempromosikan produk yang Anda tawarkan, silahkan gunakan Aplikasi Ini untuk mendapatkan jangkauan audiens yang lebih luas dan tepat sasaran.***

(by.Ami)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar