Alasan Utama Mengapa Sekolah Perlu Melakukan Adaptasi Terhadap Kurikulum dari Pemerintah. Inilah Jawaban beserta Pembahasannya - Informasi Bisnis & Teknologi

Breaking

Jumat, 17 Februari 2023

Alasan Utama Mengapa Sekolah Perlu Melakukan Adaptasi Terhadap Kurikulum dari Pemerintah. Inilah Jawaban beserta Pembahasannya

 


Terdapat satu soal, alasan utama mengapa sekolah perlu melakukan adaptasi terhadap kurikulum dari pemerintah? Begini jawaban untuk pertanyaan Post Test tersebut yang akan diulas pada konten kali ini.

 

Dalam Post Test modul 1 pada Profil Pelajar Pancasila, ada sebuah pertanyaan tentang Alasan utama mengapa sekolah perlu melakukan adaptasi terhadap kurikulum dari pemerintah.

 

Para guru yang mengikuti pelatihan guru penggerak, diharapkan dapat menjawab pertanyaan tersebut dari materi yang telah dipelajari bersama. Sebelum menjawab soal di atas, para pendidik diminta untuk menguasai materi tersebut. Mengapa demikian?

 

Karena hal ini memiliki tujuan agar para guru dapat mengeksplorasi serta dapat mengembangkan jawaban yang tertera pada artikel ini sesuai dengan pengetahuan masing-masing.

 

Kunci jawaban yang tersedia di dalam sini mengacu sepenuhnya dari pertanyaan yang terdapat pada modul 1 Post Test Profil Pelajar Pancasila. Untuk itu, inilah kunci jawaban dari pertanyaan Alasan utama mengapa sekolah perlu melakukan adaptasi terhadap kurikulum dari pemerintah.

Begini jawabannya yang disertai dengan pembahasan singkat mengenai pertanyaan tersebut.

 

Soal

Alasan utama mengapa sekolah perlu melakukan adaptasi terhadap kurikulum dari pemerintah adalah ….

a Tidak semua guru memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk menjalankan kurikulum dari pemerintah.

b Setiap satuan pendidikan memiliki karakteristik yang berbeda.

c Kurikulum yang dikeluarkan oleh pusat masih perlu pengembangan secara berkelanjutan.

d Guru membutuhkan kurikulum yang apat lebih dipahami dan diaplikasikan di sekolah.

 

Kunci Jawaban

Jawaban yang benar untuk soal di atas ialah B. Setiap satuan pendidikan memiliki karakteristik yang berbeda. 

Pembahasan

Terdapat beberapa alasan mengapa suatu sekolah perlu melakukan adaptasi terhadap kurikulum dari pemerintah. Hal itu meliputi; Kurikulum pemerintah ialah dasar yang dapat digunakan oleh sekolah untuk menyusun rencana pembelajaran dan menentukan materi yang akan diajarkan.

Dengan melakukan adaptasi pada kurikulum tersebut, dapat membantu sekolah untuk mengikuti standar yang telah ditetapkan serta dapat memastikan bahwa materi-materi yang diajarkan telah sesuai dengan standar kurikulum yang masih berlaku.

 

Melakukan adaptasi pada kurikulum dari pemerintah dapat membantu sekolah agar dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi. Kurkulum dari pemerintah ini kerapkali diperbaharui untuk mengikuti perkembangan pada bidang-bidang tertentu.

Sehingga, hal tersebut membuat pemerintah melakukan adaptasi pada kurikulum supaya dapat membantu sekolah untuk tetap memperbaharui materi yang akan diajarkan kepada para peserta didik.

 

Kurikulum melalui pemerintah ini adalah dasar yang dapat digunakan oleh sekolah untuk menetapkan standar kompetensi yang semestinya dicapai oleh para siswa.

Dengan melakukan adaptasi ini, diharapkan dapat membantu sekolah untuk mengukur kemajuan para siswa serta memastikan bahwa peserta didik telah mencapai standar yang telah ditetapkan.

 

Kurikulum dari pemerintah ini adalah dasar yang digunakan oleh sekolah untuk menentukan kriteria pada kelulusan. Dengan melakukan adaptasi ini, diharapkan dapat membantu sekolah dalam menentukan syarat kelulusan yang patut dipenuhi oleh peserta didik.

 

Kurikulum tersebut ialah dasar yang dapat digunakan sekolah agar dapat memenuhi ketentuan ujian nasional.

Dengan adaptasi ini diharapkan dapat membantu sekolah untuk mempersiapkan para siswa dalam mengikuti Ujian Nasional serta dapat memastikan bahwa para peserta didik telah memahami dan mengerti materi yang telah diajarkan.

 

Demikianlah kunci jawaban serta pembahasan dari pertanyaan nomor 1 pada modul 1 Post Test Merdeka Belajar dengan pertanyaan Alasan utama mengapa sekolah perlu melakukan adaptasi terhadap kurikulum dari pemerintah.***

 

Bagi Anda yang terhalang dan masih belum mengerti untuk melakukan strategi marketing, silahkan Klik Disini untuk mendapatkan bantuan yang sesuai dengan kendala yang dialami.


(by.Ami)

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar