Dapat Menyembuhkan Berbagai Macam Penyakit! Inilah Manfaat Daun Kecubung yang Jarang Diketahui - Informasi Bisnis & Teknologi

Breaking

Senin, 20 Februari 2023

Dapat Menyembuhkan Berbagai Macam Penyakit! Inilah Manfaat Daun Kecubung yang Jarang Diketahui



Ada yang pernah mendengar kecubung? tanaman yang memiliki nama latin berupa Datura Metel L ini masih satu keluarga dengan suku Solanaceae atau tanaman terong-terongan. Meskipun masih keluarga dekat dengan jenis terong, namun kecubung dikenal cukup berbahaya jika termakan oleh manusia.

 

Devil trumphet atau terompet setan tidak serta merta begitu saja disematkan untuk tanaman kecubung ini. Pasalnya, buah dari kecubung ini memiliki efek samping yang sangat berbahaya bagi tubuh. Salah satunya ialah halusinasi yang sangat mengerikan.

 

Meskipun begitu, ternyata daun dari tanaman ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Melansir dari situs resmi balittro.litbang.pertanian.go.id serta sehatq.com, manfaat daun kecubung ternyata dapat menyembuhkan penyakit tulang, linu-linu, rematik, serta penyakit lainnya.

 

Sayangnya, jarang ada yang mengetahui manfaat daun kecubung. Hal ini karena luasnya berita mengenai efek samping yang begitu mengerikan saat orang-orang mengkonsumsi buah dari tanaman yang satu ini. Oleh sebab itu, simaklah apa saja manfaat yang dapat di peroleh dengan mengkonsumsi daun dari tanaman ini.

  

Dapat Mengatasi Asma

Manfaat yang pertama ialah dapat mengatasi penyakit asma. Daun dari tanaman ini sebenarnya menjadi salah satu obat asma yang sangat populer dan begitu ampuh. Sebab, ekstrak dari daun ini mengandung senyawa atropine yang memiliki sifat anti-asma.

 

Melalui pengobatan Ayuverda, daun ini kerap dihisap menggunakan pipa ataupun dibuat seperti rokok untuk mengurangi gejala asma. Jadi, jika Anda mengalami penyakit asma, tidak ada salahnya untuk mencoba daun kecubung.

 

Mampu Mengobati Rabies

Rabies disebut salah satu penyakit yang begitu mematikan sebab dapat menyerang sistem syaraf serta otak. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus yang berasal dari gigitan hewan ke manusia.

 

Namun, kini tidak perlu khawatir lagi. Ternyata penyakit ini dapat disembuhkan oleh daun kecubung. Hal ini dibuktikan melalui jurnal Pharmacognosy Research yang menyatakan bahwa ekstrak dari daun kecubung memiliki sifat antirabies yang dapat melawan berbagai jenis virus, salah satunya rabies.

 

Mampu Mengobati Penyakit Kronis

Manfaat daun kecubung selanjutnya ialah mampu mengobati penyakit-penyakit kronis seperti kanker, stroke, diabetes, rematik, hingga penyakit jantung yang biasanya diakibatkan oleh pengaruh dari radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

 

Daun kecubung memiliki senyawa yang berperan untuk melawan stress oksidatif serta memiliki kandungan antioksidan. Kandungan ini berasal dari senyawa fenolik yang terdapat di dalam daunnya.

 

Selain itu, masih banyak lagi manfat daun kecubung lainnya yang baik untuk tubuh, Seperti, dapat mengobati ganggunan pencernaan, linu-linu, mengobati flu, meningkatkan daya seksual, hingga mengatasi mabuk selama perjalanan jauh.

 

Efek Samping dari Daun Kecubung

Meskipun memiliki manfaat yang cukup banyak, ternyata terlalu sering mengkonsumsi daun kecubung juga tidak baik untuk kesehatan. Apalagi tidak mengkonsumsinya sesuai takaran yang telah disediakan.


Salah satu efek samping yang paling sering ditimbulkan ialah keracunan. Melansir dari Romanian Journal of Anaesthesia and intensive care, tingkat toksisitas tanaman kecubung berasal dari bijinya. Biarpun begitu, bagian-bagian dari tumbuhuan ini bisa saja terkontaminasi dari racung tersebut.

 

Adapun efek samping yang sering terlihat ketika mengkonsumsi daun kecubung terlalu sering seperti:

  • Kulit kering
  • Demam tinggi
  • Jantung berdetak jauh lebih cepat
  • Susah buang air kecil
  • Menurunnya aktivitas usus,
  • Halusinasi,
  • Kejang,
  • Gangguan Neurologis dll.

 

Demikianlah manfaat daun kecubung yang disertai dengan efek sampingnya. Agar mendapat manfaatnya secara maksimal, pastikan tidak terlalu sering mengkonsumsi daun ini, serta konsultasikan ke tenaga kesehatan terlebih dahulu agar mendapat hasil yang maksimal.***

 

Silahkan Klik Disini untuk Anda yang ingin mendapatkan manfaat dari menjalankan strategi  marketing untuk bisnis yang sedang dijalani.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar