Perbedaan Social Commerce dan E-commerce, Manakah yang Lebih Unggul? - Informasi Bisnis & Teknologi

Breaking

Rabu, 25 Januari 2023

Perbedaan Social Commerce dan E-commerce, Manakah yang Lebih Unggul?

/cr. pexels.com/perbedaan social commerce dan e-commerce/

Sebagai seorang pebisnis yang mengandalkan media internet sebagai tempat promosi. Istilah-istilah pada dunia pemasaran digital memang patut untuk dipahami. Salah satu contohnya ialah e-commerce. Jika e-commerce sudah akrab ditelinga kita. Lantas, pernahkah Anda mendengar tentang Social Commerce? lalu apa perbedaan social commerce dan e-commerce? simak ulasan berikut ini.


Sebelum kita membahas tentang perbedaan social commerce dan e-commerce, ada baiknya kita telaah terlebih dahulu pengertian dari kedua istilah pemasaran digital ini. Bagi sebagian pebisnis digital, e-commerce pasti sudah sering terdengar.


Melansir dari situs resmi unpas.ac.id, maksud dari e-commerce secara luasnya ialah suatu media yang dapat digunakan sebagai tempat transaksi jual beli yang dilakukan secara elektronik melalui media online atau internet.


Selain pengertian tadi, e-commerce juga dapat diartikan sebagai proses berbisnis yang menghubungkan antara perusahaan, masyarakat serta konsumen dengan media transaksi elektronik sreta pertukaran barang, informasi, pelayanan yang dilakukan secara online.


Adapun contoh-contoh dari e-commerce itu sendiri seperti; Shopee, Lazada, Tokopedia, Tiket.com, Blibli dan masih banyak lagi. Jadi, e-commerce ini dikenal juga sebagai toko online yang mengumpulkan para pembeli dan penjual di suatu situs tertentu.


Sedangkan pengertian dari social commerce itu sendiri ialah transaksi jual beli suatu produk dilakukan dalam suatu platform media sosial. Jadi, para pelaku usaha memanfaatkan media sosial untuk memasarkan barang-barang yang sedang mereka jual.


Untuk contoh dari istilah social commerce ini seperti facebook marketplace, TikTok shop, Instragram shopping, Line Shop, whatsapp bisnis dll. Jadi, para pebisnis memanfaatkan media sosial yang awalnya bertujuan untuk saling bertukar informasi, kini justru menjadi wadah bisnis.

Perbedaan Social Commerce dan E-commerce 

Meskipun kedua istilah ini sama-sama melakukan transaksi melalui media internet, namun terdapat perbedaan besar pada keduanya. Berikut ini perbedaan social commerce dan e-commerce yang patut diketahui.


E-commerce: Transaksi dilakukan dalam suatu platform tertentu, terfokus pada katalog produk, tidak selalu mengandalkan media sosial, dapat aktif 24 jam.


Social commerce: Transaksi dilakukan diluar platfrom, khususnya dilakukan dengan cara dm, inbox, atau chat, tidak terlalu fokus pada katalog produk, terlalu mengandalkan media sosial, memiliki jam operasional tertentu.


Meskipun memiliki perbedaan, keduanya sangat mengandalkan jejaring internet dalam proses transaksi serta perkenalan produknya. Sayangnya, e-commerce saat ini mulai tersingkir setelah kemunculan social commerce. Mengapa demikian? 

Kelebihan Dari Social Commerce 

Meskipun social commerce baru terdengar setelah kemunculan e-commerce, namun eksistensi dari social commerce dirasa lebih unggul dibandingkan dengan e-commerce.


Ada beberapa faktor yang mempengaruhi eksistensi dari social commerce yang disinyalir akan berubah menjadi platform bisnis yang cukup menjanjikan pada beberapa tahun yang akan datang. Berikut beberapa faktor yang dimaksud:

  • Pembeli serta penjual mampu melakukan interaksi secara langsung.
  • Jangkauan konsumen di social commerce lebih luas.
  • Sistem pengaturannya jauh lebih sederhana, dan yang terakhir
  • Dapat melakukan dan menerima transaksi jual beli lebih mudah.


Selain kemudahan tersebut, para konsumen lebih mudah untuk saling bertukar informasi kepada penjual terkait produk yang diminati sebelum mencapai kesepakatan jual beli tersebut.


Demikianlah ulasan terkait tentang perbedaan social commerce dan e-commerce. Untuk dapat merasakan manfaat dari social commerce dalam melakukan transaksi jual beli, silahkan Klik Disini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Semoga sukses.***

(by.Ami)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar