6 Tips Sukses Membangun Usaha Cafe Kekinian, Dijamin Untung! - Informasi Bisnis & Teknologi

Breaking

Rabu, 15 Februari 2023

6 Tips Sukses Membangun Usaha Cafe Kekinian, Dijamin Untung!


 

Peluang dalam usaha kuliner memang tidak pernah mati oleh perkembangan zaman. Ada saja ide-ide makanan yang ditawarkan untuk menarik minat para pelanggan. Salah satunya ialah dengan mendirikan bisnis café.

 

Di zaman serba modern, bisnis cafe banyak digandrungi oleh anak muda, hingga orang-orang dewasa. Selain itu, bisnis café sekarang ini banyak memadukan nuansa yang aesthetic untuk menarik para pengunjung. Bagi Anda yang tertarik dengan bisnis ini, silahkan ikuti tips sukses membangun usaha café di bawah ini.

 

1. Tentukan Konsep Cafe

Tips sukses membangun usaha café yang pertama pastinya ialah menentukan konsep atau tema dari café yang hendak didirikan. Tanpa sebuah konsep, café tersebut tidak dapat menarik para konsumen. Dalam menentukan tema, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan.

 

Terdapat beberapa hal-hal yang perlu ditentukan diawal seperti, menu makanan serta minuman yang hendak disajikan, konsep desain interior yang ditawarkan, serta strategi promosi seperti apa yang harus dilakukan.

Jika Anda masih bingung untuk mendapatkan konsep-konsep masa kini yang sedang digandrungi oleh para konsumen, di bawah ini terdapat beberapa tema yang mungkin saja dapat menjadi inspirasi untuk Anda.

Contemporary atau Urban café

  • Pet Café
  • Coffee shop
  • Special café, dll.

 

2. Lokasi yang Cukup Strategis

Tips yang kedua ialah pilihlah lokasi yang strategis untuk membangun café. Pilihlah lokasi yang sangat mudah untuk dijangkau oleh para pengunjung. Aksesnya yang mudah, serta keamanannya cukup terjamin, membuat konsumen lebih sering berkunjung ke café yang Anda miliki.

 

Jika Anda menargetkan konsep café khusus untuk tempat nongkrong, silahkan pilih lokasi yang ramah, serta mudah diakses. Target kostumer sangat menentukan lokasi mana yang cocok untuk membangun sebuah café.

 

3. Buatlah Menu Andalan yang Enak serta Orisinil

Tips sukses membangun usaha café yang berikutnya ialah menu makananya yang nikmat serta orisinil. Sebab, tujuan utama mendirikan usaha café, selain memberikan kenyamanan ialah menawarkan menu makanan serta minuman.

 

Jika Anda memiliki resep turunan dari keluarga, coba gunakan resep tersebut sebagai menu andalan. Selain itu, sediakan pula menu-menu yang cukup lengkap seperti menu pembuka, utama serta menu penutup untuk menambah jangkauan kostumer.

 

4. Bangunlah Desain Interior Semenarik Mungkin

Selain menu, salah satu strategi suksesnya café melalui desain interiornya. Gunakan desain interior yang tak jauh berbeda dengan konsep dari café tersebut. Café-café zaman sekarang juga menyediakan spot-spot khusus untuk berfoto yang instagramable bagi para konsumen.

 

Berikut ini terdapat beberapa desain café yang dapat Anda tiru:

  • Desain Monokrom
  • Vintage style
  • Modern style
  • Organic style
  • Industrial style
  • Desain interior dari kayu. dll.

 

5. Lakukan Strategi yang Sangat Menarik serta Tepat Sasaran

Tips selanjutnya ialah membuat strategi marketing yang menarik serta tepat sasaran. Dalam menjalankan usaha café, sudah pasti para konsumennya cenderung anak-anak muda. Sehingga, manfaatkan media sosial sebaik mungkin untuk menarik para kostumer.

 

Bagikan berbagai macam giveaway, tampilkan berbagai macam menu yang eksotis dan menarik serta bagikan informasi jika café Anda sedang memiliki harga-harga khusus. Dengan begitu, para pengunjung akan tertarik untuk datang ke café yang Anda bangun.

 

Selain memanfaatkan media sosial, gunakan juga Aplikasi Ternak Akun ini untuk menjangkau konsumen lebih luas sehingga café yang Anda dirikan dapat dikenal oleh banyak orang.

 

6. Libatkah Diri Sendiri Dalam Kegiatan Operasional

Pada beberapa aspek, keterlibatan si pemilik dalam hal operasional sangat diperlukan. Jika Anda pemilik serta pihak yang bertanggung jawab dalam bagian produksi malamam, ada baiknya untuk terlibat penuh serta mengecek secara berkala agar menjaga kualitas dari resep menu yang hendak di tawarkan.

Itulah 6 tips sukses membangun usaha café kekinian. Dengan mengikuti beberapa tips tersebut, Anda dapat meraih keuntungan yang cukup banyak hanya dengan berbisnis café seperti ini. Semoga bermanfaat.***

(by. Ami) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar