Patut Dibaca! Inilah Isi Kandungan Surat At Taubah Ayat 105 - Informasi Bisnis & Teknologi

Breaking

Minggu, 05 Februari 2023

Patut Dibaca! Inilah Isi Kandungan Surat At Taubah Ayat 105

 


Berikut ini isi kandungan surat At Taubah ayat 105. Surat At Taubah merupakan surat ke 9 yang ada di dalam Al Quran. Surat ini termasuk dalam surat Madaniyah karena semua ayatnya diturunkan ketika Rasulullah SAW telah hijrah ke kota Madinah. Oleh sebab itu, surat At Taubah termasuk dalam golongan surat Madaniyah.

 

Keunikan Surat At-Taubah

Surat At-Taubah memiliki keunikan sendiri dari surat-surat yang lainnya. Sebab, surat At-Taubah merupakan satu-satunya surat yang ada di dalam Al-Qur’an yang tidak diawali dengan tulisan basmallah. Alhasil, ketika kita hendak membaca surat ini, kita hanya perlu mengawalinya dengan membaca ta’awudz saja tanpa perlu membaca basmallah.

 

Keunikan lainnya ialah terlihat dari nama surat tersebut. Alasan mengapa surat ini dinamakan surat At-Taubah, sebab banyaknya kata taubat yang terdapat dalam surat ini. Kata ‘taubat’ sendiri terulang sekitar 8 kali di mulai dari ayat ke 5, sampai dengan ayat ke 117.

 

Isi Kandungan Surat At-Taubah Ayat 105

Terdapat ayat dalam surat At Taubah yang bermakna yang sangat dalam bagi kehidupan manusia. Yakni surat At Taubah ayat 105 yang memberikan motivasi beramal serta etos kerja yang tinggi bagi manusia. Adapun isi kandungan lengkap dari surat At-Taubah ayat 105 adalah sebagai berikut!

 

Sebelum membahas isi kandungan surat At- Taubah ayat 105, simak terlebih dahulu arti dari ayat tersebut.

 

Artinya: Dan katakanlah: “Bekerjalah kamu, maka Allah dan RasulNya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada Allah yang Mengetahui akan yang Ghaib dan yang nyata. Lalu diberikanNya kepda kamu apa yang telah kamu kerjakan. (At Taubah: ayat 105)

Dari arti yang telah kita baca bersama-sama, isi kandungan surat At Taubah ayat 105 adalah sebagai berikut:

 

1. Bertaubat Dengan Cara Bersedekah 

Isi kandungan surat At Taubah ayat 105 yang pertama ialah bahwa Allah SWT memerintahkan kepada Rasulullah SAW untuk disampaikan kepada umatnya atau kaum muslimin agar bertaubat.

Memohon ampun kepada Allah serta membersihkan diri dari dosa-dosa yang telah mereka lakukan dengan cara bersedekah, memberikan sebagian harta yang kita miliki kepada orang yang membutuhkan.

 

Selain bersedekah, Allah SWT juga memerintahkan untuk mengeluarkan zakat serta mengerjakan amal-amal saleh sebanyak mungkin untuk menghapus dosa-dosa terdahulu yang secara sengaja atau tidak sengaja telah dilakukan.

 

2. Amal Saleh yang Dikerjakan Akan Dilihat Oleh Allah SWT

Selain anjuran untuk bersedekah, berzakat serta mengerjakan amal saleh, Allah SWT juga memerintahkan kepada Rasulullah untuk disampaikan kepada umatnya. Bahwa semua amal saleh, serta pekerjaan yang telah dilakukan oleh kaum mukmin akan dilihat dan dinilai oleh Allah SWT.

 

Selain itu, Allah juga memberikan motivasi kepada para hambanya untuk melakukan semua pekerjaan serta mengerjakan amal-amal saleh dengan hati, ikhlas dan juga bersungguh-sungguh.

 

Jangan sekali-sekali mencari popularitas ataupun pujian. Cukup lakukan semuanya atas dasar karena Allah semata. Karena Allah SWT, hanya  melihat amal, pekerjaan serta usahamu. Bukan hasil dari usaha yang telah kamu lakukan.

 

3. Seluruh Amal yang Telah Dikerjakan Akan Dipertanggung Jawabkan

Selain melihat, Allah juga akan meminta pertanggungjawaban atas amal yang telah dikerjakan karena semua umat manusia akan kembali kepada sang Penciptanya. Allah Yang Maha Mengetahui, mampu mengetahui semua niat serta amal yang telah dikerjakan oleh umat manusia.

 

Oleh karena itu, semua yang telah dikerjakan entah itu secara terang-terangan ataupun sembunyi-sembunyi akan diminta pertanggungjawabannya dan akan mendapatkan balasan atau ganjaran dari setiap amal yang telah dikerjakan.

 

Selain ke 3 makna tadi, terdapat isi kandungan surat At Taubah ayat 105 lainnya, seperti:

  • Allah memberi perintah kepada semua hambaNya agar melakukan amal saleh dan terus bekerja.
  • Allah melarang atau membenci sikap malas dan sikap manusia yang suka membuang-buang waktu.
  • Allah akan melihat serta menilai setiap amal para hambaNya. Oleh sebab itu, semua amal yang telah dikerjakan oleh manusia harus dilakukan dengan penuh keikhlasan dan semua dilakukan karena Allah.
  • Allah memberi motivasi kepada hambaNya agar bersungguh-sungguh dalam melakukan amal dan pekerjaannya. Karena, dari proses tersebut itulah yang akan dilihat dan akan dihitung oleh Allah. Karena Allah tidak menilai hasil dari usaha yang telah dilakukan.
  • Allah Yang Maha Mengetahui semua perbuatan manusia, baik yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi ataupun secara terang-terangan.
  • Setiap manusia yang hidup dimuka bumi ini akan kembali kepada Sang Penciptanya yaitu Allah SWT. Oleh karena itu, semua perbuatan dan amal baik atau buruk yang telah dilakukan oleh manusia akan dimintai pertangunggjawabannya.

Seperti itulah isi kandungan yang terdapat pada surat At-Taubah ayat 105 yang perlu diketahui. Setelah mengetahui keunikan serta rahmat dari isi kandungan dari surat At-Taubah, mari tingkatkan usaha yang Kamu lakukan dengan sebaik-baiknya.

 

Bagi Kamu yang memiliki atau menjalankan suatu usaha, silahkan berusaha melalui Aplikasi Ini untuk mempromosikan jualan atau produk yang kamu lakukan agar sampai kepada konsumen yang tepat.***

(by. Ami)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar