4 Jenis Investasi Jangka Pendek Ini Dapat Menghasilkan Income Dengan Cepat! - Informasi Bisnis & Teknologi

Breaking

Kamis, 02 Februari 2023

4 Jenis Investasi Jangka Pendek Ini Dapat Menghasilkan Income Dengan Cepat!

Jenis Investasi Jangka Pendek/pexels.com/

 Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan investasi dalam jarak yang tidak terlalu lama, jenis investasi jangka pendek dapat menjadi solusi terbaik. Mari simak apa saja jenis investasi yang membawa keuntungan pada jarak waktu yang cukup dekat.

 

Jika keuntungan investasi jangka panjang baru dapat dinikmati minimal 1 tahun, maka keuntungan investasi yang satu ini dapat Anda nikmati dalam kurun waktu tidak sampai satu tahun. Bagi Anda yang baru terjun di dunia investasi namun ingin cepat-cepat merasakan keuntungannya, tidak ada salahnya untuk mencoba jenis investasi jangka pendek ini.

 

Terdapat 3 trik dan tips yang dapat Anda lakukan untuk memulai investasi jenis ini, diantaranya:

  • Tentukan tujuan investasi
  • Mengetahui profil risiko investasi
  • Pilih jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda

 Untuk tips yang ke 3, diharapkan Anda cukup pandai dalam memilih instrument apa yang cocok dengan kebutuhan Anda. Berikut ini ada 4 jenis investasi jangka pendek yang cocok bagi para pemula.

 

1. Deposito

Instrumen yang pertama ini pasti sudah tidak asing lagi. Deposito memang sangat cocok digunakan untuk melakukan investasi jangka pendek. Banyak sekali orang-orang yang melakukan jenis investasi ini. Salah satunya karena caranya mudah dipahami serta sangat aman untuk dilakukan.

 

Biasanya, jenis deposito ini terdapat di berbagai bank-bank yang ada di seluruh Indonesia. Pihak bank, akan memberikan opsi jangka waktu untuk menyimpan deposito kepada para nasabah yang hendak mendaftar deposito. Biasanya, jangka waktu yang ditawarkan mulai dari 1 bulan, 3 bulan sampai 24 bulan.

 

Akan tetapi, nasabah hanya mampu mencairkan dana depositonya tepat pada waktu jatuh tempo. Jika nasabah ingin menarik sebelum waktu jatuh tempo tiba, maka akan dikenakan penalty atau biaya tambahan.

 

Keuntungan yang dapat Anda rasakan dari jenis investasi ini ialah bunga dari deposito itu sendiri. Besaran bunga biasanya tergantung dari periode waktu yang telah dipilih. (Deposito sistem Riba tidak diperbolehkan untuk orang Islam)

 

2. Obligasi 

Instrumen yang kedua ialah obligasi. Jenis investasi ini biasanya dikeluarkan oleh pemerintah. Adapun waktu dari jatuh tempo obligasi ini cukup bervariasi, mulai dari 1 tahun hingga 3 tahun. Cara kerja dari obligasi juga cukup mudah.

 

Biasanya para penerbit dari obligasi ini akan membagikan kupon ataupun bunga yang harus dibayar kepada para investor secara berkala. Selain itu, obligasi merupakan salah satu jenis investasi yang cukup minim tingkat risikonya karena telah dijamin oleh pemerintah. (Obligasi sistem Riba tidak diperbolehkan untuk orang Islam)

 

3. Reksa Dana Pasar Uang 

Instrumen selanjutnya ialah reksa dana. Banyak pemula yang sangat minat dengan jenis investasi ini. Sebab, para investor hanya perlu menyiapkan modal dan para MI atau Manajer Investasi yang akan mengelola dana tersebut.

 

Jenis reksa dana pasar uang sangat pas dilakukan untuk investasi jangka pendek. Selain itu, reksa dana pasar uang ini memiliki tingkat risiko yang sangat minim bila dibandingkan dengan jenis reksa dana yang lain. Jadi, sangat cocok dilakukan bagi para pemula.

4. P2P (Peer to Peer) Lending 

Jenis investasi terakhir ini sedang populer dan cukup viral belakangan ini. P2P lending ini ialah suatu bentuk financial technology yang memberikan layanan jasa untuk mempertemukan lender atau pemberi pinjaman dengan para borrower atau si penerima pinjaman secara online. (P2P sistem Riba tidak diperbolehkan untuk orang Islam)

 

Itulah 4 instrumen jenis investasi jangka pendek yang dapat dilakukan bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi, khususnya bagi para pemula. Khusus bagi para pelaku usaha, jangan lupa untuk menggunakan Aplikasi Ternak Akun untuk menjangkau konsumen lebih luas lagi.***

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar